Monday, February 18, 2013

Maret, Lion Air Masuk Kobar


Lewat penjajakan yang intens, maskapai penerbangan Lion Air dipastiakan akan membuka rute ke Bandara Iskandar, Maret mendatang.
“Ada kabar gembira, Maret mendatang, Lion Air menyatakan kesiapannya untuk beroperasi di Bandara Iskandar Pangkalan Bun,” ungkap Bupati Kobar H. Ujang Iskandar dihadapan ratusan PNS saat pengambilan sumpah janji PNS di Aula Setda Kobar, Rabu (13/2).
Dalam kesempatan lain, Bupati menyatakan dengan semakin banyaknya maskapai penerbangan yang masuk Kobar, maka akan semakin terbuka akses dan berimplikasi pada peningkatan perekonomian Kobar. 
Tidak hanya itu menurut Bupati, masyarakat yang berada di sekitar Kabupaten Kobar seperti Lamandau, Sukamara, Seruyan bahkan Kotim akan terakomodir untuk melakukan perjalanan menggunakan tranfortasi udara.
Jika maskapai yang beroperasi semakin banyak, otomatis harga tiket juga bersaing, dengan begitu menjadi lebih murah, masyarakat juga akan semakin nyaman,” ucapnya.
Keseriusan Bupati dalam membuka akses ke Kobar juga akan diwujudkan dengan agenda mega proyek, yakni pembangunan bandara berskala internasional. Prosesnya sejauh ini masih terus berjalan dan mulai merancang untuk mengucurkan anggaran dalam rangka masterplan dan studi kelayakan.
“Kobar sekarang berani memulai, jika tidak sekarang kapan lagi. Kobar harus lebih maju dibandingkan Kabupaten lain di Kalteng,” tegasnya. Keseriusan Ujang Iskandar, dalam membuka masalah aksesibilitas seluas-luasnya di Kobar cukup beralasan, mengingat potensi wisata yang dimiliki akan menjadi daya tarik para wisatawan, termasuk keberadaan Taman Nasional Tanjung Putting. (Sumber Radar Sampit, 14 Februari 2013).

Link: Maret, Lion Air Masuk Kobar
Pict by: Lion Air


Wow..

Setidaknya, itulah kata pertama yang keluar dengan sedikit senyum tersungging. Bagaimana tidak, kurang lebih satu bulan lagi (apabila memang benar adanya) sebuah maskapai besar di Indonesia akan mulai mengoperasikan armada pesawatnya untuk melayani masyarakat Pangkalan Bun. Ini sungguh merupakan kabar yang cukup menggembirakan. Bukan karena maskapai tersebut adalah satu-satunya maskapai yang beroperasi di bumi Marunting Batu Aji ini, namun dengan kehadirannya di Pangkalan Bun, maka persaingan antar maskapai pun akan semakin sengit dan yang pasti masyarakatlah yang lebih diuntungkan. Dengan banyaknya pilihan serta pastinya harga yang bersaing satu sama lain, akan memudahkan masyarakat yang akan bepergian dengan jenis transportasi udara ini.
Perlu diketahui, bahwasanya saat ini ada 4 maskapai yang beroperasi di Pangkalan Bun. Namun dari ke empat maskapai tersebut, saya yakin, yang akan bersaing ketat menjadi pesaing Lion nantinya adalah Kal Star dan Trigana. Walaupun sampai saat ini, saya belum mengetahui, Lion akan membuka trayek kemana, namun saya yakin, rute Jakarta - Pangkalan Bun pasti salah satu yang menjadi incaran. Selain itu, rute gemuk seperti Semarang - Pangkalan Bun pun pasti sudah masuk dalam list mereka. Karena 2 rute inilah yang setiap hari wira wiri di atas wilayah udara Bumi Marunting Batu Aji. 
Namun yang menarik disini adalah, apakah nantinya Lion akan beroperasi dengan armada Boeingnya atau ATR (Wings Air)? Karena memang, kurang lebih setahun yang lalu, isu akan masuknya Wings Air pun sudah pernah masuk, namun sampai saat ini belum tercapai. Apabila nantinya Lion akan membawa Boeingnya untuk membuka penerbangan di Pangkalan Bun, apakah runway airport Iskandar saat ini sudah mencukupi untuk di darati oleh Boeing 738/739? Kalau utk 735/732 seperti Kal Star dan Trigana, sudah tidak perlu diragukan kembali. Mari berandai-andai. Mungkin Lion akan membuka Wings Air dan mengoperasikan ATRnya. Namun, dengan jarak waktu yang akan ditempuh akan jauh lebih lama apabila menggunakan ATR. Sedangkan Lion pun masih memiliki Boeing 733. Namun memang perlu dicross check lagi, apakah Boeing 733 Lion saat ini dalam posisi masih melayani rute lain atau bagaimana, saya kurang mengetahuinya. Bagaimana dengan MDnya? Saya sebenarnya sangat kurang yakin Lion akan mengoperasikan MDnya utk rute Pangkalan Bun. Namun, semua bukan lah hal mustahal, toh saya cuma tebak-menebak, hehe..
Well, apapun itu nanti rutenya (namun saya yakin Lion tak akan membuka rute baru), saya, yang pasti mewakili seluruh masyarakat Kotawaringin Barat, mengucapkan terima kasih atas intensitas penjajakan yang dilakukan pemerintah daerah terhadap maskapai yang satu ini, sehingga nantinya dapat membuka penerbangan dari dan menuju Pangkalan Bun. Semoga saja, dengan hadirnya maskapai baru di Kobar, akan semakin meningkatkan ekonomi, pembangunan serta pariwisata Kotawaringin Barat dan sekitarnya. Lupakan Express air, Merpati dan Kartika. Mari kita sambut Lion Air. Selamat Datang! 




0 comments:

Post a Comment